19 November 2008

Pemanfaatan Internet dalam organisasi

Teknologi Informasi dan komunikasi dalam kurun waktu terakhir menjadi bahasan yang begitu populer. Hal ini disebabkan meluasnya penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai bidang. Tidak hanya dalam bidang perdagangan, namun juga mencakup bidang pertahanan, pemerintahan, pendidikan dan sosial. Kecepatan, kemudahan, akurasi dan biaya murah menjadi ciri penerapan Teknologi inforamasi dan komunikasi.

Internet merupakan teknologi informasi yang paling banyak digunakan. Bagi organisasi pemanfaatan teknologi internet , selain memudahkan dalam menyebarkan dan menerima informasi, teknologi internet juga dapat meningkatkan efisiensi dan kemampuan organisasi, mempercepat pengolahan data, meningkatkan kualitas informasi, memungkinkan pemanfaatan bersama informasi (data sharing).

Situs web (website) dan electronic mail merupakan layanan internet yang paling populer. Saat ini berbagai macam situs web telah membanjiri dunia internet. Mulai dari situs yang bersifat pribadi (blogger) maupun sifatnya institusional (official web).
Dalam konteks pemanfaatan internet sebagai sarana komunikasi organisasi, perlu diperhatikan beberapa hal antara lain :
  1. Penerapan Teknologi Informasi hendaknya diikuti perubahan paradigma dimana informasi adalah kebutuhan.
  2. Penerapan strategi pencitraan
  3. Partisipasi pengunjung untuk berbagi pengetahuan dan informasi
  4. Penyediaan jenis layanan

Tidak ada komentar: